Arinindya Melina
11111163
4ka40
Kontribusi sektor Telematika kepada Pendapatan Nasional baru
mencapai 5,1% untuk tahun 2000 dan 5,8% untuk tahun 2001. Belum cukup
signifikan, namun demikian aktivitas sektor ini cukup memberi warna tersendiri
dalam perekonomian nasional. Ditandai dengan mulai maraknya sekelompok anak
muda membangun bisnis baru menggunakan teknologi Internet, maka Indonesia tak
ketinggalan dalam booming perdagangan elektronis / electronic commerce
(e-commerce).
Implikasi sosial dari pemanfaatan Telematika belum dapat
dirasakan langsung oleh kelompok masyarakat miskin atau mereka yang
berpenghasilan rendah. Hal ini dapat dipahami karena daya beli mereka rendah.
Telematika belum merupakan kebutuhan pokok yang harus tersedia setiap hari.
Dalam kondisi ini, bagi golongan miskin tadi Telematika masih menjadi barang
langka, mahal dan tidak berguna. Manfaat Telematika sudah dirasakan oleh
golongan terpelajar, atau mereka yang berpunya.
Peluang yang diciptakan oleh penerapan perdagangan
elektronis (e-commerce) adalah terciptanya pasar-pasar baru, produk dan
pelayanan baru, proses-proses bisnis baru yang lebih efisien dan canggih, serta
penciptaan perusahaan-perusahaan dengan jangkauan lebih (extended enterprise).
Sedangkan kendala umumnya berkisar pada masalah bandwidth dan kapasitas
jaringan, keamanan, harga teknologi, aksesabilitas, struktur
sosial-ekonomi-demografi, kendala politik dan hukum, sensor, serta
edukasi-sosialisasi masyarakat.
sumber :
http://maswig.blogspot.com/2006/10/strategi-dan-kebijakan-pembangunan.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar