Tangible User Interface (TUI) adalah sebuah
antarmuka pengguna di mana seseorang berinteraksi dengan informasi digital
melalui lingkungan fisik. Sebuah TUI adalah salah satu teknologi dimana
pengguna berinteraksi dengan sistem digital melalui manipulasi obyek fisik
terkait dan langsung mewakili kualitas sistem tersebut. Nama awal dari TUI
adalah Graspable User Interface (GUI), yang tidak lagi digunakan.
Ide dari TUI adalah untuk memiliki hubungan
langsung antara sistem dan cara anda mengontrol melalui manipulasi fisik dengan
memiliki makna yang mendasar atau hubungan langsung yang menghubungkan
manipulasi fisik ke perilaku yang mereka picu pada sistem.
Karakteristik TUI:
1. Representasi fisik komputasi digabungkan
dengan informasi digital yang mendasari.
2. Representasi fisik mewujudkan mekanisme
kontrol interaktif.
3. Representasi fisik perseptual digabungkan
dengan representasi digital secara aktif dimediasi.
4. Keadaan fisik tangibles mencakup aspek
kunci dari negara digital sistem
Salah satu pionir dalam user interface yang
nyata adalah Hiroshi Ishii, seorang profesor di MIT Media Laboratory yang
mengepalai Tangible Media Group. visi tertentu Nya bagi Tangible UIS adalah
Bits Tangible, yiatu memberikan bentuk fisik ke informasi digital, membuat
bit-bit nya dapat di maniplulasi secara langsung dan terlihat jelas. Tangible
bits mengejar kesamaan antara dua dunia yang sangat berbeda yaitu dari bit dan
atom.
Jadi secara harfiah nya tangible user
interface (TUI) adalah sebuah system digital yang membuat sebuah benda menjadi
nyata,dapat di sentuh di raba dan memiliki bentuk.
Penerapan Tangible User Interface
- Mouse
Salah satu penerapan TUI yang paling sederhana
adalah pada mouse. Menyeret mouse melalui permukaan datar dan gerakan pointer
pada layar yang sesuai merupakan cara berinteraksi dengan sistem digital
melalui manipulasi objek fisik. Gerakan yang dibuat dengan perangkat tersebut
memiliki hubungan yang jelas dengan perilaku yang dipicu sistem, misalnya
misalnya pointer bergerak naik ketika Anda memindahkan mouse maju. Teknologi
ini membuat menjadi sangat mudah untuk menguasai perangkat input dengan bantuan
sedikit koordinasi tangan dan mata.
- Siftables
merupakan perangkat kecil dari proyek awal di
MT Media Lab yang memiliki bentuk menyerupai batu bata kecil yang mempunyai
interface. Shiftable memiliki jumlah lebih dari satu dan mampu berkomunikasi
serta berinteraksi satu sama lain tergantung pada posisinya. Shiftable yang
terpisah tahu kapan shiftable lain berada di dekat mereka dan bereaksi sesuai
dengan permainan user.
- Reactable
Reactable adalah alat musik yang dirancang
dengan keadaan teknologi seni untuk memungkinkan musisi (dan lainnya) untuk
bereksperimen dengan suara dan menciptakan musik yang unik.
Instrumen ini didasarkan pada meja bundar
tembus dan bercahaya di mana satu set pucks dapat ditempatkan. Dengan
menempatkan mereka di permukaan (atau membawa mereka pergi), dengan memutar
mereka dan menghubungkan mereka satu sama lain, pemain dapat menggabungkan
unsur-unsur yang berbeda seperti synthesizer, efek, loop sampel atau elemen
kontrol dalam rangka menciptakan komposisi yang unik dan fleksibel.
Begitu setiap keping ditempatkan di permukaan,
keping itu diterangi dan mulai berinteraksi dengan keping lain, menurut posisi
dan kedekatannya. Interaksi ini terlihat pada permukaan meja yang bertindak
sebagai layar, memberikan umpan balik instan tentang apa yang sedang terjadi di
Reactable, mengubah musik ke dalam sesuatu yang terlihat dan nyata.
- Microsoft Surface
merupakan sebuah teknologi dengan layar multi
sentuh yang memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan built in system
pada waktu yang sama. Yang menjadi perhatian adalah hal tersebut bereaksi tidak
hanya ketika disentuh, tetapi teknologi ini juga dapat mengenali objek yang
ditempatkan diatasnya dan dapat mengatur sendiri perilaku yang terkait dengan
benda-benda serta bagaimana kita dapat memanipulasinya.
- Marble Answering Machine
Contoh lain dari Tangiable User Interface
adalah Marble Answering Machine (Mesin Penjawab Marmer) oleh Durrell Uskup
(1992). Marmer merupakan suatu pesan yang ditinggalkan di mesin penjawab.
Menjatuhkan marmer ke piring pemutar,lalu memutar ulang pesan yang terkait.
- Sistem Topobo
Blok di Topobo seperti blok LEGO yang bisa
diambil bersama-sama, tetapi juga dapat bergerak sendiri menggunakan komponen
bermotor. Seseorang dapat mendorong, menarik, dan memutar blok-blok, dan
blok-blok bisa menghafal gerakan-gerakan ini dan menggulang kembali
gerakan-gerakan tersebut. Pelaksanaan lain memungkinkan pengguna untuk sketsa
gambar di atas meja sistem dengan pena yang nyata nyata. Menggunakan gerakan
tangan, pengguna dapat mengkloning gambar dan peregangan dalam sumbu X dan Y
hanya sebagai salah satu program yang akan di cat. Sistem ini akan
mengintegrasikan kamera video dengan sistem pengenalan isyarat.
Sulit untuk melacak dan mengabaikan jumlah
yang berkembang pesat dari semua sistem dan alat, akan tetapi sebagian besar
dari vendor tampaknya hanya memanfaatkan teknologi yang tersedia dan terbatas
dengan beberapa eksperimen awal dan melakukan tes dengan beberapa ide dasar
atau hanya mereproduksi sistem yang telah ada. Beberapa dari vendor berkiprah
pada interface dan dikerahkan pada ruang publik atau lebih cenderung dalam
instalasi seni.
Sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar